Monday, July 02, 2007

Lumpurnya kenapa (lagi)?


Sekuel dari bencana di Sidoarjo itu memang nggak semengerikan dalam bayangan saya setahun silam, ketika saya bikin postingan tentang lumpur Lapindo di
blog saya yang dulu. Rentetan kejadiannya, ternyata, cuma berlanjut di sekitar persoalan ganti rugi tanah buat sodara-sodara kita yang jadi korban, lempar-lemparan tanggung jawab di antara para capitalist dan authority, lalu peristiwa "crying president"... huh!

Tapi tetap saja.. cuma sedikit di antara kita yang menyoal "teknologi tampon" yang musti dipake buat mengakali bocoran itu (mother nature lagi mengalami menstruasi, hihi). Cuma sedikit yang menaruh perhatian pada temuan tentang retakan sungai purba di lokasi tersebut. Juga, yang mempersoalkan berapa kira-kira biayanya, dan... seberapa besar kemampuan anak bangsa kita dalam memanfaatkan teknologi paling modern untuk mengatasi bencana ini.

Lhah, tapi kan kita udah modern banget!

Liat aja di pameran komputer dan telepon seluler di Jehacece, Jakarta, beberapa waktu lalu. Antrean mobil pengunjung sampai bisa menimbulkan kemacetan luar biasa di sekitar lokasi. Sepertinya gede banget jumlah transaksi di situ. Gede banget anu kita, upss,, antusiasme kita terhadap teknologi wayerles, triji, dan sebagainya...


Bisa jadi, dalam agama baru di masyarakat kita yang bernama "modernism", henpon dan leptop canggih adalah ajimat yang musti dipunyai buat meningkatkan spiritualitas seseorang (dan kitab sucinya adalah manual book serta berbagai artikel yang mengulas teknologinya..).

Di antara Anda ada yang jadi penganutnya?
That's okay... selama kalian juga nggak mengusik kepercayaan tradisional saya sebagai penyembah pohon, hihi...

Tapi saya perlu menekankan bahwa "menguasai teknologi" kadang memang beda banget artinya dengan "menguasai pengoperasian peranti berteknologi". Karena itulah, si Adjat, tukang rokok di depan kantor saya yang sekarang berubah jadi rada tulalit gara2 telinganya sering disumpal pake earphone yang menjuntai dari henpon-nya, belum tentu bisa dibilang "menguasai teknologi multimedia"... Itu menurut saya...

Jadi.... anggaran buat beli henpon dan leptop baru itu mendingan kita tabung.. sebagai persiapan buat dana pendidikan anak cucu kita kelak, supaya di abad mendatang mereka jadi orang-orang yang pinter di bidang pure science, lalu menguasai teknologi yang lebih useful daripada cuma ngulik henpon, dan berhasil menemukan cara yang pas buat mengakali semburan lumpur Lapendos itu. Begitukah? Tepat sekali.

(Bisa jadi, ini adalah argumen yang paling gak nyambung di antara seluruh penjuru blog! Tapi ah, masuk akal banget kok. Lagian, suka-suka gw dunk, wong ini blog gw sendiri, huahahaaa....)

15 comments:

Anonymous said...

Hmmm...aku suka pilihan kata "teknologi tampon" emang rada2 mirip ma teknologi henpon sih...heran kok ga kepikir selama ini yak

Anonymous said...

hahahaha....horeeee....agus berubah!!! isi blognya jadi bagus!

*setuju mbak nen! tampon dan henpon, hihihi

-Fitri Mohan- said...

menunggu teknologi tampon...

OOT: hehe, maap ya mas *nah, udah nggak mbak lagi kan?* kemaren yang keliatan tuh banner-nya yang seksi itu. makanya manggil2 mesra dengan panggilan mbak.

Anonymous said...

wakakakkka

kucing garong..:p
bwaakakakakak
ungu ungu... selalu ungu..
warna djandah...


welcome to nu tmplet bro

Anonymous said...

gak mau komen soal lumpur. bikin frustrasi dan berpotensi merusak selasa pagi saya. eh ungunya keren, tapi charlie's angels yg di header...hehehe...yg kemaren lebih hot!!!

TaTa said...

klo ngikutin teknologi bisa pecah kepala mas...yg parah lagi klo ngaku up to date ma teknologi hahaha bisa2 salah kaprah

Anonymous said...

fyi, gue ngulik henpon dalam rangka cari duit...

maklum penghasilan gue masih rendah banget...

saham gue masih dikit, pendapatan bersih sebulan belum cukup buat nyewa apartemen.. jadi berusaha menambah periuk nasi dari ngulik henpon.

mbakanggun said...

Lumpur bisa jadi komoditi ekspor baru untuk Indonesia.

Bayangkan para pemuja kecantikan di AMerika dan Eropa, mereka mau luluran, trus impor lumpur produksi bumi Sidoarjo,... wuiiih!

Jadi Indonesia tercinta ini gak lagi dikenal dengan negara pengekspor TKI dan jemaah haji doang,...

coDOT said...

nenni.. tampon itu adalah alat penemuan abad pertengahan yang tetep lebih canggih daripada henpon

yati.. welkambek

fitri.. nice living overthere it seems..

omith... dah sembuh batuknya? obatnya diminum, huhuhu..

tata, hihi...

venus... thjz:D

endah, mana foto2 penjahat di mall maren itu??

anggun, thkz sms nya :">

SC4RLET LETTER said...

Embuh iki,

Postingan karo komen ga ono sing nyambung.

Yg jelas sekarang itu model manusia punya no hp ampe 2 biji, satu buat public satu lagi ehemm.... huwahahahah buka kartu.

Kalo laptop, aku milih pake ntuh krn ngirit tempat ajah. daripada PC menuh2in tempat, yg jelas bisa surf or chat sambil tiduran, kadang dipangku kalo emang lagi kebeled :D

Anonymous said...

sumpah dehh...aku tuh gak pengen tahu tentang lumpur lapindo...gimana n kenapa bisa begitu...mo baca sedikitpun gak kepengen...padahal aku tuh suka banget baca2... btw, kenapa yah aku bisa begitu....hehehehehe

Anonymous said...

tanya kenapa...

Anonymous said...

jadi udah penuh dong mas celengan jagonya ?

Unknown said...

nggak hanya Adjat si tukang rokok yang kupingnya disumpeli earphone, yang bahaya kalo tukang bis dan tukang angkot ikut-ikutan pengen ga dianggap gaptek...

Nenni said...

Mas punya celengan ayam dan gak mau ngakuuu???? ckckckckck.....