Thursday, January 22, 2009

E-mail itu...

Sore kemarin, seorang teman bertanya, "Alamat e-mail-nya apa?" Saya berikan account saya yang berjudul "contong.lincip" et yehu (yang cuma saya pakai buat login ke facebook and friendster, hehe...) "Ada apa toh?" saya tanya ke dia. "Ini ada yang saya mau forward, kesian banget deh dia!" jawabnya dengan wajah serius. Wah! Pasti isinya permintaan sumbangan atau apa gitu, ada kata "kesian" soalnya.

Sejam kemudian saya iseng membaca-baca e-mail baru. Di antara setumpuk e-mail "facebook" dan "friendster", terselip nama teman saya tadi. Lalu saya klik, dan.. astaga! Di bagian lead dari paragraf-paragraf itu berderet kata-kata:

"Kehidupan pernikahan kami awalnya baik2 saja menurutku. Meskipun menjelang pernikahan selalu terjadi konflik, tapi setelah menikah Mario tampak baik dan lebih menuruti apa mauku...."

Entah apa yang ada di benak teman saya sewaktu memutuskan untuk menyampaikan kabar berbau "konflik rumah tangga" itu kepada saya. Entah bagaimana perasaan saya membaca kalimat awal tersebut (takjub dan sedikit nyengir sepertinya). Dua tahun lalu, seandainya saya membaca kalimat seperti itu, pasti pikiran saya langsung: "Dari tujuh belas tahun dotkom ya!" Tapi kali ini mestinya bukan, mengingat teman yang mengirim e-mail itu adalah cewek yang sepertinya alim.

Saya tarik ke bawah, tulisan itu ternyata panjaaang sekali. Saya hitung karakternya sampai 12.000 karakter. Panjang banget, bisa ngabisin tiga halaman kalau dimuat di majalah. Dibutuhkan ketekunan luar biasa untuk membuat e-mail sepanjang itu, meskipun di dalam ceritanya juga "mengutip" beberapa e-mail yang juga lumayan panjang. Cara bertuturnya cukup lancar, meskipun kurang gramatikal. Perhatikan kutipan di atas, ada kata "meskipun" dan "tapi" di satu kalimat. Itu kan nggak boleh ada dalam kaidah bahasa mana pun!

Nah, karena kemarin itu saya lagi nggak ada kerjaan, saya baca e-mail-nya sampai habis (dan karena sampai detik juga ini saya belum ada kerjaan, maka jadilah postingan ini.) Saya ikuti dengan tekun isi curhat dalam e-mail itu. Ceritanya, biasalah, tentang seorang istri yang suaminya selingkuh dengan bekas teman kuliahnya bla-bla-bla, lalu membaca e-mail percintaan si suami yang nggak sengaja kebuka, dan sebagainya.... baca sendirilah di sini.

Cerita itu bisa jadi menarik menurut pandangan orang-orang tertentu, terutama para cewek. Tapi buat saya, apa urusannya? Kisah romantis seperti itu menurut saya sudah setua peradaban, sudah ada sejak dahulu kala dari zaman Adam dan Hawa. Konon, mereka diusir dari surga gara-gara kepergok berduaan mulu tanpa bisa menunjukkan surat nikah... bener nggak sih?? Trus hubungannya juga apa, hahaha...

Dan akhirnya, kalaupun ada "pesan moral" yang bisa diambil, itu adalah: Jangan pernah lupa untuk logout setiap selesai membaca e-mail. Bila perlu hapus semua cookies, histories, cache, offline data, dan sebagainya setiap kali mau menutup browser, di komputer mana pun juga --kepunyaan sendiri atau orang. Dan ini adalah prosedur standar yang mesti kalian lakukan di semua komputer! Mengerti? Awas kalo enggak.. :-"

Peace out!

8 comments:

Chanee Indriyani said...

hahaha...aku cuma merasa lucu membaca pesan moral terakhir yang dicantumkan...
aku juga dapet email seperti itu tuh...ga tau itu novel atau cerita nyata...:D

Anonymous said...

bener Gus, banyak orang ga sadar harus log/sign out, wong masuknya aja log/sign in :D

buncizpoenya said...

njjih,pakde..

Nenni said...

Kok mau logout aja buang2 cookies? Cookies kan enak asal jgn yg rasa kelapa ajah

Anonymous said...

Membayangkan isi blog ini dan orangnya, rasa2nya gimana gitu. Kayak terjadi paradoksal. Lha koq rujukannya masih 'tujuh belas tahun dotkom' ini piye to? Kalo Adam dan Hawa perlu surat nikah, trus manusia pertama si penghulu itu donk? Ono2 wae.

Unknown said...

Hahahha ..
Pesan terakhirnya ga nyambung ahh, tapi emang bener sih harus logout dulu sbelum nutup email

Anonymous said...

It was many years ago we first selected Top Restaurants in the U.S. See it. http://restaurants-us.com/ia/Des%20Moines/Flanagan%27s%20Restaurant%20&%20Lounge/50312/

Anonymous said...

Overview of state health insurance laws and activities. http://insuranceinstates.com/minnesota/Minneapolis/Northwestern%20Mutual%20Financial/55408/